Diremehkan??

Percaya nggak, sih, kalau terkadang beberapa orang perlu “diremehkan” agar dapat mencapai potensi maksimalnya? Diremehkan maksudnya adalah seperti dijatuhkan harga dirinya, diragukan, atau bahkan dihina. Saya percaya saja kalau ada orang yang perlu diperlakukan seperti itu sesekali untuk kebaikannya. Orang seperti saya (yang tergolong malas bertindak dan tidak mau repot), contohnya. Mungkin ada yang akan bertanya, “Kenapa begitu?”.

Orang yang malas berpikir, malas, mempunyai harga diri tinggi, apalagi tidak punya motivasi kemungkinan besar tidak akan melakukan hal yang ‘besar’ dalam hidupnya. Kenapa? Karena dia tidak punya motivasi. Kalau dia tidak punya motivasi serta malas, dia akan berpikiran ‘Buat apa saya melakukan hal-hal seperti itu? Hal yang merepotkan? Toh saya sudah bahagia dengan keadaan saya, jadi saya tidak perlu lah melakukan itu’.

Saya punya beberapa contoh kalimat ‘merendahkan’:
1. Kamu/dia/mereka pasti nggak bisa melakukan itu.
2. Kamu/dia/mereka nggak mungkin bisa sukses.

Terus apa hubungannya ‘diremehkan’ dengan motivasi? Secara tidak langsung jika orang-orang yang mempunyai harga diri tinggi diremehkan ia akan merasa termotivasi. Termotivasi untuk membuktikan kepada orang-orang yang telah meremehkan kemampuannya bahwa dia bisa. Dia akan berusaha semaksimal mungkin untuk membuktikan bahwa apa yang orang-orang bilang tentang dirinya itu tidak benar. Kenapa bisa begitu? Karena dia punya harga diri yang tinggi, orang-orang yang punya harga diri yang tinggi tidak suka diremehkan seperti itu.

Jadi saya rasa tidak selamanya ‘diremehkan’ itu buruk. Tergantung dari sudut mana kita melihatnya. Diremehkan bisa menghancurkan diri kita, tetapi ia juga bisa membangkitkan semangat dan motivasi kita, kok😉.

2 thoughts on “Diremehkan??

Leave a Reply

