Manusia Sempurna

Selama ini saya sering dengar kalimat yang kurang lebih berbunyi seperti ini, “Nobody’s perfect”, “Nggak ada manusia yang sempurna di dunia ini”, dll semacamnya. Saya jadi berpikir, benar nggak sih nggak ada manusia yang sempurna?

Ternyata setelah saya mikir, terawang, semedi, melamun, akhirnya saya menyimpulkan bahwa manusia itu perfect! Kok bisa? Bisa, dong. Kata siapa? Kata saya, barusan, hehehe..😀

Begini lho, saya nggak tau sisi apa yang bikin manusia nggak sempurna, mungkin dari sifat dan sikapnya? Tapi kan setiap pribadi itu unik, tidak bisa dipaksa untuk mempunyai sifat dan sikap yang sama layaknya anak kembar tanpa cela, tanpa dosa. Overall, manusia itu perfect buat saya. Eh, bukan manusia aja sih, semua makhluk di dunia ini sempurna.

Coba pikir, kita (manusia) mempunyai 2 mata, 2 telinga, hidung, mulut, hati, usus, jantung, ginjal, dan organ-organ lainnya yang fungsinya itu waw sekali buat saya. Bayangin aja kalau jantung itu kita yang ngendaliin, pas kita tidur jantung ikut tidur. Tewas kan, kita?

Perhatikan bagaimana kita bisa berjalan, berlari, berbicara, mendengar. Mungkin terlihat simpel. Tapi coba pelajari proses biologinya saat semua itu kita lakukan. Rumit sekali. Seperti perhitungan limit trigonometri di pelajaran matematika yang sulit.

Contoh lain, anjing (dog) disebut-sebut buta warna, tidak seperti manusia yang bisa melihat berbagai warna (bagi yang beruntung). Seringkali ketika saya sedang menikmati keindahan alam, saya berpikir, “Terima kasih, Tuhan, saya nggak buta warna, bisa melihat keindahan yang Engkau ciptakan”. Saya tidak bisa membayangkan seandainya saya buta warna atau malah buta sama sekali.

Manusia seperti kita, yang masih bisa menjalani kehidupan sehari-hari, beraktivitas, bermain, berbicara, mendengar, tertawa, melihat, itu sempurna. Kita sempurna, Kawan. Mungkin kita tidak biasa bersyukur, tapi bayangkan bila kamu kehilangan salah satu indera mu, kamu pasti akan bersyukur tidak mengalami hal itu detik ini.

Manusia itu sempurna. Kepribadiannya yang tidak sempurna.🙂

Leave a Reply

