Mitos Seputar Kehamilan

Kehamilan adalah pengalaman yang menyenangkan
Berbagai faktor seperti biologis, psikososial dan sosial bisa mempengaruhi perjalanan kehamilan seseorang hingga saatnya melahirkan.
Orang-orang berpikir perempuan hamil merasa indah dan bergembira, padahal perempuan hamil juga bisa menjadi cemas dan tertekan. Biasanya akibat perubahan tubuh dan ketakutan tidak bisa merawat anaknya dengan baik. Karenanya dibutuhkan keseimbangan antara tekanan dari pekerjaan dan juga kebutuhan fisik serta emosionalnya.

Morning Sickness akan berakhir pada trimester pertama
Tidak semua ibu yang mengalami morning sickness akan berakhir di trimester pertama, beberapa diantara masih mengalami kondisi tersebut hingga trimester kedua.
Selain itu rasa mual juga tidak hanya menyerang pagi hari, tapi bisa menyerang setiap saat baik siang atau malam hari. Dikenal denga nama morning sickness karena saat bangun tidur biasanya perut dalam kondisi kosong, sehingga memicu rasa mual.
Salah satu faktor yang mempengaruhi morning sickness adalah human chorionic gonadotropin (hCG), yaitu hormon yang dihasilkan oleh plasenta. Hormon ini akan mencapai puncaknya pada minggu ke 8-12. Namun beberapa orang memiliki efek yang lebih lama dibandingkan orang lain.

Kulit akan lebih bersinar saat hamil
Semua hormon yang diproduksi oleh tubuh akan meningkat saat hamil, karenanya banyak ibu yang memiliki rambut lebih tebal dan kuku tumbuh lebih cepat saat hamil. Selain itu hormon kehamilan merangsang tubuh perempuan untuk memproduksi pigmen lebih banyak. Jadi kulit akan terlihat lebih bersinar saat hamil akibat perubahan hormon ini.

Semua perempuan hamil mengalami efek dan gejala yang sama
Setiap pertumbuhan saat hamil bisa memicu berbagai kondisi, tapi tidak semua ibu hamil mengalami kondisi yang sama. Beberapa orang ada yang sangat sensitif terhadap bau-bauan tapi perempuan lainnya menderita ptyalism, kondisi yang membuat seseorang harus meludah terus menerus.

Memasuki bulan kedelapan, tubuh menjadi tidak menarik
Semakin bertambah bulan, maka perut ibu hamil akan semakin membesar dan membuat tubuhnya menjadi tidak menarik lagi. Namun pada kondisi tersebut terjadi lonjakan estrogen yang membuat libido beberapa perempuan meningkat, sehingga ia merasa dirinya lebih seksi daripada sebelumnya.

Pasangan tidak bisa merasakan penderitaan istri yang sedang hamil
Tidak semua suami akan berlaku cuek pada istrinya saat sedang hamil, karena beberapa suami ada yang turut merasakan ngidam seperti istrinya dan mau berbagi hal dengan istrinya.
Ada berbagai cara untuk mendorong suami agar ikut memahami apa yang dialami istrinya, misalnya dengan turut mempersiapkan hal-hal seputar persalinan, membaca buku kehamilan dan melahirkan serta ikut dalam konsultasi dengan dokter.

Tahap kedua kontraksi membuat proses persalinan lebih cepat
Setiap orang memiliki waktu proses persalinan yang berbeda-beda, ada yang hanya membutuhkan waktu 20-60 menit, tapi ada juga yang membutuhkan waktu hingga 3 jam.
Kondisi ini tergantung dari seberapa cepat proses pembukaan dari leher rahim. Lebih baik ibu hamil menghemat energi dengan berkonsentrasi pada pernapasan melalui kontraksi dan mengatur waktu istirah

Minum air kelapa dapat mempercepat persalinan
Belum ada penelitan yang membuktikan mitos ini karena lancarnyapersalinan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Namun air kelapa muda memang berkhasiat untuk menjadikan air ketuban putih dan bersih.

Minum Air Kelapa Membuat Kulit Bayi Menjadi Putih
Tidak ada hubungannya antara minum air kelapa dengan kulit bati yang putih. Belum ada penelitian yang membuktikan hal tersebut sebab ada orang yang tidak minum air kelapa tapi bayinya tetap putih. Tapi air kelapa tetap boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Sebaiknya ibu hamil tidak melakukan hubungan intim pada trimester pertama kehamilannya
Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa hubungan intim menyebabkan keguguran. Jadi sepanjang hal itu tidak menyakitkan dan tidak menimbulkan ketidaknyamanan, ibu hamil boleh-boleh saja melakukannya.

Leher ibu hamil yang menghitam atau puting yang berwarna gelap menandakan bayinya laki-laki
Perubahan warna pada leher atau puting tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi . Perubahan warna kulit pada ibu hamil diakibatkan peningkatan progesteron dan melanost (hormon yang mengatur pigmentsi kulit). Karena itu puting susu yang menghitam biasa terjadi pada kehamilan, baik pada ibu hamil yang mengandung bayi laki-laki atau perempuan. Selain perubahan warna kulit dan puting susu, ibu hamil juga memiliki guratan kehitaman di perut dan garis hitam dari pusar ke bagian pugbis. Namun gejala ini akan menghilan setelah melahirkan.

Bila bentuk perut calon ibu membulat, berarti bayinya perempuan
Bentuk perut ibu hamil
yang lonjong atau bulat tergantung pada posisi janin dalam kandungan. Jika janin melintang, perut akan terlihat melebar. Namun jika posisi janin memanjang, perut akan terlihat tinggi. Selain itu, bentuk perut ibu hamil juga tergantung pada elastisitas otot dan volume air ketuban. Pada kehamilan anak pertama, perut akan tampak bulat karena otot masih kencang. Namun perut ibu yang pernah hamil beberapak kali akan tampak turun karena ototnya mulai kendur. Pada ibu hamil yang cairan ketubannya bany;ak, bentuk perutnya

Ibu Hamil Jangan Minum Es, Nanti Bayi Menjadi Besar
Minum air es sebenarnya tidak bermasalah. Yang menimbulkan masalah kalau ibu hamil banyak minum minuman yang serba mengandung gula, seperti es doger, es campur, es teler dan sebagainya. Jika ibu hamil sering minum es yang banyak mengandung gula, bisa jadi bayi akan besar karena kalori yang dimakan ibu menjadi lebih banyak.

Minum Susu Kehamilan, Menyebabkan Bayi Besar
Jika peningkatan berat badan ibu berlebihan, dokter mungkin akan menyarankan susunya untuk dikurangi. Namun hal tersebut sangat insidentil, tidak berarti kalau minum susu kehamilan, bayinya pasti akan menjadi besar. Banyak faktor yang menyebabkan bayi itu besar. Kalau berat badan ibu tergolong kurus, maka dokter akan menyerankan agar ibu hamil minum susu lebih banyak. Hal ini mungkin berbeda dengan ibu hamil yang sudah mengalami obesitas. Tapi percayalah, peningkatan berat badan bayi tidak semata-mata karena susu. Asupan makanan dan jumlah kalori yang banyak, faktor ibu hamil yang mengalami diabetes, karekteristik si ibu yang tinggi besar dan lain-lain mempegaruhi besar tidaknya bayi. Tapi sebaiknya ibu hamil tetap mengonsumsi susu untuk ibut hamil. Jika eneg boleh diganti dengan susu lain, kecuali susu kental manis.

Bentuk Perut Menentukan Jenis Kelamin Bayi
Kalau bentuk perut ibu hamil memanjang berarti bayinya perempuan, kalau melebar ke samping berarti laki-laki
Tidak benar. Dokter kandungan kadang memang bisa memperkirakan jenis kelamin janin dari luar berdasarkan hormon-hormon kehamilan, misalnya ibu yang mukanya lebih hitam, lebih jerawatan dan keringat berlebih mungkin saja anaknya laki-laki karena memperlihatkan hormon androgen yang lebih dominan. Tapi bukan berarti penilaian lewat hormon selalu tepat. terbukti benar tidaknya, lewatUSG. Namun USG pun bisa jadi salah, apalagi hanya penampakan luarnya.

Makan Kacang Hijau Mebuat Rambut Bayi Lebat
Tidak Benar. Kacang hijau memang bagus untuk dikonsumsi ibu hamil karena mengandung serat tinggi serta vitamin B1, B6dan B12. Namun faktor rambut bayi tidak tergantung dari asupan kacang hijau. Selain faktor keturunan, jika gizi janin tercukupi, rambut bisa bagus.

Minum Air Rumput Fatimah, Memudahkan Ibu Melahirkan.
Harus hati-hati memberikan rumput fatimah pada ibu hamil karena memiliki efek merangsang kontraksi rahim yang sangat kuat. Ada yang minum satu teguk saja sudah mulas luar biasa, ada yang minum sebotol baru mulai mulas. Jika air fatimah tersebut diminum oleh ibu hamil yng pembukaan jalan lahirnya masih kecil, atau ibu yang beru melahirkan anak pertama dan mulut rahimnya masih kaku, akan menimbulkan kontraksi yang hebat di dalam rahim. Padahal jalan lahir belum terbuka sehingga bisa jadi robek jalan lahirnya. Akibatnya bisa fatal dan berbahaya buat bayi. Ibu hamil sebaiknya mengonfirmasikan pada dokter kandungannya masing-masing jika hendak minum rumput fatimah.

Makan Sambal, Bayi Bisa Botak
Tidak ada hubungan antara makan sambal dan bayi yang botak. Hanya saja sebaiknya ibu hamil menghindari makanan yang bisa membuat ia sakit, misalnya sambal yang bisa menjadi pencetus diare. Jika sedikit untuk menambah nafsu makan tidak mengapa.

Kalau Garuk-Garuk Perut, Akan Timbul Scratchmark
Scratchmark tetap akan ada walaupun ibu hamil menggaruk pertnya atau tidak. Pada seseorang yang berkarakteristik tertentu scratchmark ini memang tidak muncul. Yang penting scratchmark ini jangan digaruk, sebab kaan membuat infeksipada kulit. Memakai produk atau lotion bisa jadi usaha untuk mengurangi timbulnya scratchmark

Kalau Sedang Hamil, Jangan Menyusui
Boleh-boleh saja ibu hamil menyusui. Hanya saja ketika menyusui akan merangsang pengeluaran hormon oksitosin yang dapat menimbulkan kontraksi rahim. JIka timbul kontraksi pada rahim, sebaiknya anak harus segera disapih. Apalagi bila dikhawatirkan perkembangan janin di rahim agak terhambat karena nutrisinya kurang akibat menyusui.

Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Nanas, Durian, Nangka dan Daging Kambing
Sebenarnya jika hanya makan satu butir durian, atau sepotong nanas tidak masalah. Yang penting ibu hamil tidak alergi dengan makanan tersebut. Nanas sendiri sebenarnya merangsang ibu hamil untuk mual karena sifatnya yang masam. Sedangkan ibu hamil yang mengalami hipertensi memang diharuskan menghidari makanan seperti daging kambing dan durian dengan alasan kesehatan. Kol dan Nagka pun -yang bisa menghasilkan gas dalam perut- sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, sebab pada ibu hamil gerakan lambung melambat dan membentuk gas sehingga mengakibatkan perut terasa kembung.

Ibu Hamil Jangan Minum Soda
Sebenarnya soda sendiri meningkatkan kadar asam lambung.Jika ibu hamil minum soda maka rasa mual akan bertambah parah.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s