Cluster Headache, Sakit Kepala Ekstrim

VIVAlife – Kepala berdenyut-denyut karena sakit kepala atau migrain memang sangat menyakitkan. Namun, pada sebagian orang yang mengalami sakit kepala kluster, nyeri migrain masih biasa saja.

Sakit kepala kluster atau Cluster Headache adalah sakit kepala langka dan sangat menyakitkan. Diperkirakan penderitanya hanya satu persen dari penduduk dunia. Serangan sakit kepala terjadi dalam berpola, bisa dalam hitungan jam setiap hari yang berulang dalam beberapa minggu. Serangan terjadi dengan tiba-tiba dan berhenti dengan tiba-tiba juga.

Gejala dan Pencegahan

Beberapa gejala sakit kepala klaster, seperti dikutip Mayo Clinic antara lain:
– Sakit kepala tak tertahankan pada sekitar mata yang merambat ke area lain di wajah seperti kepala, leher dan pundak
-Sakit pada satu sisi kepala
-Keluar air mata berlebihan
-Mata memerah dan hidung mengeluarkan lendir
-Bengkak pada mata, ukuran pupil mata mengecil dan kelopak mata yang layu

Meski penyebab pastinya belum diketahui, ahli berpendapat, ketidaknormalan dalam hypothalamus menjadi sumber sakit kepala ini. Faktor hormon seperti melatonin dan kortisol serta neurotransmitter pada syaraf otak juga memungkinkan terjadinya sakit kepala kluster.

Penderita sakit kepala kluster sebagian besar adalah pria dewasa. Aktor pemeran Harry Potter, Daniel Radcliffe adalah salah satu pesohor yang mengalami sakit kepala ekstrim ini. Perokok dan mereka yang minum alkohol, serta riwayat dalam keluarga juga meningkatkan risiko terjadinya sakit kepala kluster.

Kendati banyak menggunakan obat penghilang rasa sakit, sebenarnya penggunaan obat-obatan sama tak berguna. Pencegahannya adalah mengurangi serangan dan tingkat keparahan dengan menghindari nikotin dan alkohol yang sering memicu sakit kepala kluster.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s