8 Cara Menghemat Baterai Laptop

Ilmu Komputer – Bila anda mempunyai sebuah laptop / notebook yang disertai dengan frekuensi pemakaian yang tinggi tentunya menyebabkan baterai menjadi boros. Sebagai alternatif banyak pengguna yang terus mencolok adaptor pada saat mereka sedang bekerja dengan laptop meskipun hal tersebut sebenarnya tidak terlalu baik untuk usia baterai laptop itu sendiri.

Pada tulisan kali ini akan dibahas 8 Cara Menghemat Baterai Laptop agar konsumsi pemakaian baterai laptop dapat bekerja lebih efisien sehingga tidak menghambat kerja anda.

Kontras Cahaya

Sebagian pengguna komputer tidak pernah sama sekali mengatur tingkat pencahayaan / kontras pada monitor mereka. Bagi pengguna komputer yang bekerja seharian didepan monitor dengan settingan default pada kontras cahaya akan membuat mata menjadi lelah dan menurun dan beresiko menambah minus mata.

Dengan menurunkan kontras cahaya pada Laptop anda dapat menghemat sedikit konsumsi pemakaian energi pada baterai disamping menjaga kesehatan mata anda.

Settingan Power Saving

Pastikan anda melakukan sedikit setting pada bagian Power Saving. Hal ini dapat menghemat konsumsi pemakaian baterai laptop anda. Untuk mengoptimalkan settingan ini:

  1. klik Start Menu > Control Panel
  2. Lalu klik Power Options
  3. Pada tab bagian Power Schemes, ubah settingan pada bagian Turn off Monitor. Pilih After 10 minutes saja. Dan After 15 minutes pada bagian Turn off Hardisk serta After 25 Minutes pada bagian System Standby
  4. Klik Apply dan Ok

Settingan diatas dapat me-manajemen pemakaian konsumsi listrik yang berfungsi ketika laptop / pc dalam keadaan ‘nganggur’ yang mungkin anda tinggalkan sesaat untuk mengerjakan hal lainnya.

Matikan Sementara Peripheral / Hardware

Bila anda memutuskan untuk keluar dalam waktu setidaknya setengah jam, matikan laptop anda atau bila memang tidak dapat dimatikan karena laptop sedang memproses data / pekerjaan maka setidaknya anda dapat mengupayakan agar segala jenis hardware / peripheral seperti; speaker, scanner, harddisk eksternal, dvd external, flashdisk, dsb dimatikan (tidak dihubungkan) sementara waktu karena semua peripheral tersebut yang mana terhubung dengan slot USB tetap menghabiskan energi baterai.

Hibernate

Hibernate adalah fungsi untuk melakukan logoff atau mematikan laptop / PC tanpa menutup program yang sedang kita jalankan saat itu karena mode hibernate menyimpan semua aktivitas terakhir kedalam memori RAM kedalam harddisk. Cara untuk melakukan settingmode hibernate adalah:

  1. Klik Start Menu > Power Options
  2. Lalu ke tab Hibernate  dan centang kotak opsi pada tulisan Enable Hibernate. Jangan lupa untuk meng-klik Apply.
  3. Kemudian ke tab bagian Advance. Klik menu drop down yang terdapat pada tulisan When I Press the power button dan pilih Hibernate.
  4. Klik Apply dan Ok

Gunakan UPS

Bila baterai anda sedang low sementara masih terdapat pekerjaan mendesak yang harus anda selesaikan, maka satu-satunya alternatif adalah melakukan charge baterai sambil melanjutkan pekerjaan. UPS selain dapat menstabilkan energi pemakaian pada komputer. Meskipun UPS lebih umum digunakan pada komputer namun tidak ada salahnya anda melanjutkan pekerjaan anda sambil melakukan charge baterai dengan menggunakan UPS. :-)

Untuk melakukan setting pada UPS adalah:

Klik Start Menu > Control Panel

Klik Power Options

Lalu klik pada Tab UPS. Pada tab UPS tersebut akan menampilkan perkiraan jumlah menit yang dapat didukung terhadap PC dari UPS yang digunakan.

Charge Baterai Laptop Hingga Penuh

Pastikan setiap kali anda melakukan charge terhadap baterai laptop agar dilanjutkan hingga penuh (rekomendasi, maksimal 98% sebagai indikator baterai penuh dan minimal 10% sebelum baterai habis). Proses charge baterai yang setengah-setengah akan membuat konsumsi pemakaian energi baterai menjadi sedikit lebih boros dan tidak efisien. Dan faktor utama yang perlu dipertimbangkan adalah akan mempengaruhi usia pemakaian baterai laptop itu sendiri secara tidak langsung.

USB Port

Setiap peripheral seperti harddisk eksternal, flashdisk, DVDRW Portable dan lain-lain yang bersifat portable dan dihubungkan melalui port USB tetap memakan arus listrik tambahan. Oleh karena itu pastikan apabila anda sudah tidak membutuhkan harddisk eksternal atau DVDRW ada baiknya di-disconect-kan sementara. Hal sederhana seperti ini dapat sedikit menghemat pemakaian baterai.

Software Penghemat Konsumsi Energi

Pada umumnya produsen Laptop sekarang ini menyediakan fitur / software penghemat energi yang terinstall didalamnya. Software ini sangat bermanfaat unutk mengatur konsumsi energi yang dibutuhkan serta mematikan sementara bagian-bagian mana yang tidak dibutuhkan dan akan diaktifkan kembali secara otomatis ketika memang dibutuhkan untuk aktif.

Sumber : http://www.ilmu-komputer.org/8-cara-menghemat-baterai-laptop.html

2 thoughts on “8 Cara Menghemat Baterai Laptop

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s