Cara Sederhana Cegah Penyakit Jantung


VIVAlife
– Gejala yang terkesan tak genting seringkali membuat banyak orang terlambat menyadari gangguan kesehatan jantung. Baru sadar setelah mengalami serangan yang tak jarang berujung fatal.

Agar tak terjebak serangan fatal, lakukan upaya pencegahan sejak dini dengan menerapkan gaya hidup sehat. Yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi minyak zaitun dua sendok makan setiap hari.

Berdasar studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, sesendok minyak zaitun mampu mengurangi risiko serangan jantung sebanyak 28 persen. Dan, dua sendok makan minyak zaitun setiap hari mengurangi hampir setengah risiko kematian dini akibat penyakit tersebut.

Kesimpulan studi ini berdasar analisis perilaku diet 41.000 partisipan yang terbiasa mengonsumsi minyak zaitun. Analisis yang dimulai sejak 20 tahun lalu ini mulanya hendak melihat efek minyak zaitun terhadap pencegahan kanker. Namun, di akhir studi, efek minyak zaitun justru mengarah kuat pada pencegahan penyakit jantung.

Minyak zaitun yang dikenal baik dalam metode Diet Mediterania ini mengandung polifenol dan lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan. Dua zat ini berperan besar dalam mencegah terjadinya peradangan dan mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah.

“Temuan ini sangat signifikan. Semakin menguatkan pemahaman kita selama ini bahwa minyak zaitun baik untuk jantung,” kata Dr Charles Knight dari Masyarakat Jantung Inggris, dikutip Daily Mail.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s