Penyakit Musim Panas

VIVAlife – Musim panas tak kunjung usai. Sengatan matahari dan polusi udara patut diwaspadai sejak dini. Jika Anda tak pandai menjaga diri, bisa-bisa Anda terserang berbagai macam penyakit, mulai dari migrain, dehidrasi hingga penyakit kulit.

Nah, sebelum Anda menyiapkan liburan musim panas atau pergi ke kolam renang, ada baiknya Anda mengenali beberapa jenis penyakit yang timbul saat musim panas, seperti yang dilansir Sheknows.com.

Migrain dan sakit kepala
Sakit kepala dan migrain mungkin dapat terjadi kapan saja tanpa mengenal musim. Namun, tahukah Anda mengapa saat musim panas banyak wanita yang lebih sering terserang migrain?  Menyipitkan mata ke matahari, kelelahan, sengatan matahari dan penyinaran sinar UV menjadi pemicu utamanya.

Bila mata Anda juling dan memandang sinar matahari, Anda akan membuat otot-otot wajah menjadi tegang, akibatnya kepala akan terasa berdenyut kencang. Namun, jika Anda dapat memproduksi keringat lebih banyak yang dapat menurunkan suhu tubuh mungkin Anda tak akan terserang migrain. Migrain yang teralu lama dapat merangsang rasa mual dan muntah.

Solusinya adalah gunakan kaca mata hitam saat berhadapan dengan panasnya sinar matahari. Tak lupa Anda juga harus melindungi kulit dengan tabir surya.

Infeksi jamur
Penyakit ini mungkin akan menjadi infeksi kulit yang merusak liburan musim panas Anda kali ini. Infeksi jamur sangat umum terjadi saat musim panas, Banyak wanita yang menghabiskan waktunya dengan pakaian renang basah saat berenang.

Menurut Dr Pamela Rockwell, jamur banyak tumbuh subur di tempat dingin dan lembab. Pemakaian tampon dan pembalut juga dapat memicu jamur pada vagina.

Untuk menghindarinya, pastikan Anda menggunakan pakaian longgar yang terbuat dari katun. Hindari pemakaian bahan sutra dan mesh.

Infeksi jamur kronis
Infeksi jamur kerap dialami oleh wanita yang gemar olah raga saat musim panas. Banyak tempat yang memungkinkan tertularnya jamur pada wanita, seperti kolam renang, ruang ganti atau pemakaian baju yang bergantian.

Jamur sangat mudah tumbuh dalam hawa lembab. Biasakan untuk menggunakan alas kaki saat di kamar ganti, tidak bertukar pakaian dengan sahabat, dan rajin mengganti kaos kaki.

Keracunan makanan
Satu gigitan salad kentang bisa membuat Anda sakit perut, percaya? Penelitian menunjukan persentase keracunan meningkat saat musim panas. Hal ini dikarenakan musim panas yang hangat akan membuat lingkungan menjadi lembab, akibatnya makanan pun mudah rusak dan busuk.

Agar terhindar, sebaiknya Anda menyimpan makanan dalam lemari pendingin. Hindari jajan di pinggir jalan saat musim ini kalau tidak mau membayar rumah sakit.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s