Tips Agar Baterai HP Tidak Cepat Rusak

Baterai HP gw yang sebelumnya itu boros banget alias udah rusak. Karena gw pikir nanggung ya udah gw biarin aja dulu. Apa mau dikata, baterai hp semakin mengembung, rusak parah. Sebelum meledak gw ganti deh. Pertama sih bingung mau ganti yang original atau yang kualitasnya biasa aja.

Jadilah gw nanya-nanya dengan yang punya toko. Katanya sih baterai HP pasti rusak jadi beli yang biasa aja nggak masalah kok, nggak harus beli yang original, secara yang asli pasti harganya lebih mahal. Buat apa beli baterai original kalo pake nggak lama udah rusak lagi.

Pengalaman itu bikin gw belajar gimana cara merawat baterai HP biar nggak cepat rusak. Ini dia tips-tipsnya, semoga bergunašŸ˜‰

1. Cas HP pada keadaan mati.
Jika menge-charge HP sebaiknya HP dalam keadaan mati. Jika HP menyala akan terjadi arus keluar masuk secara bergantian yang akibatnya akan merusak molekul dalam baterai. Ini juga akan mengakibatkan terjadinya memory effect pada baterai. Apa lagi saat kita mengecas HP trus malah digunakan untuk koneksi, itu akan menambah beban pada proses kimia dalam baterai.

2. Jangan mengecas HP sebelum waktu yang semestinya.
Jangan sampai baterai yang belum habis malah dicas, mengecas baterai HP pada saat indikator baterai masih penuh atau masih separo penuh. Hal ini juga tidak disarankan, karena selain pemborosan listrik, juga bisa mengakibatkan over daya (baterai bisa menggelembung-bocor) sehingga malah menurunkan kinerja baterai HP.

3. Jangan menunggu baterai HP sampe bener-bener mati.
Mengecas baterai pada saat indikator baterai dalam keadaan vakum alias 0 (nol). Selain mengakibatkan memperlama waktu pengecasan, tindakan tersebut bisa mengakibatkan menurunkan performa/kinerja baterai HP.
5. Jangan mengecas HP lebih dari waktu yang seharusnya.
Ini nih yang penting, guys. Kata yang punya toko *lagi*, baterai baru nggak perlu di charge 8 jam kok. Kalau beli baterai baru tinggal pake aja, ntar kalau udah habis baru dicharge secukupnya. Ingat ya, kalau baterai HP nya udah penuh langsung cabut kabel chargenya. Ibarat manusia, kalau dikasih makan terus bakalan gemuk. Nah, begitu juga baterai HP, charge yang berlebihan bisa bikin baterai menggembung.

6. Kurangi menerima atau menelphone di dalam mobil.
Kurangi menerima atau menelphone di dalam mobil. Karena pada saat itu HP akan berusaha keras mencari sinyal dari BTSĀ (Base Transceiver Station)Ā terdekat. Ketika kita bergerak menjauh dari BTS maka pada saat itu dia berusaha mencari sinyal pada BTS yang lebih dekat. Aktivitas seperti itulah yang memakan energi baterai lumayan besar. Apalagi kita melakukan koneksi internet dalam kondisi bergerak dengan kecepatan tinggi.

7. Lepaslah handphone dari Leather Case/sarung handphone.
Karena pada saat kita mengisi baterai akan menimbulkan panas yang dapat memperpendek usia handphone dan baterai mulai ngedrop.

8. Jangan terlalu sering mengecharge handphone didalam mobil.
Karena pada saat mengisi baterai, kendaraan menggunakan pemantik api sebagai sambungan dan voltase kendaraan terkadang tidak stabil sehingga menyebabkan tidak stabilnya arus yang masuk saat baterai diisi.

9. Bersihkan.
Bersihkanlah konektor baterai dan pin emas pada baterai setiap enam bulan sekali dengan menggunakan cotton bud atau tissue.

10. Jangan terlalu sering menggunakan fitur-fitur tambahan atau aplikasi yang ada pada handphone sepert igames, bluetooth, mp3, GPRS, radio, dll.
Karena semua itu akan menyerap energi pada baterai handphone secara cepat.

7 thoughts on “Tips Agar Baterai HP Tidak Cepat Rusak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s