8 Cara Kurangi Kebiasaan Makan Junk Food

Siapa yang tidak suka makan keripik kentang, ayam goreng tepung, french fries atau nugget? Rasanya yang gurih dan lezat memang bisa membangkitkan nafsu makan. Tapi kebanyakan makanan tersebut tinggi kalori namun rendah bahkan nol nutrisi.

Istilah makanan seperti ini biasa disebut dengan junk food. Terlalu sering mengonsumsi junk food bisa membuat berbagai penyakit serius mendatangi tubuh. Sayangnya, banyak yang tidak bisa menghindar dari godaan junk food karena umumnya, makanan ini memiliki aroma dan rasa yang menggugah selera. Meski begitu, Anda bisa menahan keinginan untuk mengonsumsi junk food, dengan cara-cara berikut yang dilansir Times Of India.

1. Minum Air
Saat perut terasa lapar, kadang sebenarnya yang terjadi bukanlah kelaparan melainkan tubuh kekurangan cairan. Untuk itu, jika Anda merasa lapar di tengah jam makan maka cobalah meminum air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

2. Menyibukkan Diri
Ketika sedang berlibur di rumah dan tidak beraktivitas, perut cenderung mudah terasa lapar dan keinginan ngemil pun meningkat. Untuk menghindarinya, sibukkanlah diri Anda saat sedang tidak beraktivitas dengan cara mendengarkan musik, membaca buku, menelpon teman, ataupun menonton acara tv favorit.

3. Ukur Tingkat Rasa Lapar
Sewaktu rasa ingin mengunyah sesuatu datang, tanyakanlah pada diri sendiri tentang seberapa besar rasa lapar yang dirasakan. Jika memang merasa sangat lapar, maka Anda boleh mengizinkan diri sendiri untuk memakan cemilan. Selain itu, mengunyah secara perlahan saat makan juga dapat membantu Anda lebih cepat merasa kenyang tanpa perlu makan dalam porsi berlebihan.

4. Hindari Tempat yang Menjual Junk Food
Junk food favorit yang Anda lihat saat sedang berjalan-jalan di mal tentunya sulit untuk ditolak, terutama jika harganya sedang promosi. Untuk itu, hindarilah tempat yang menjual junk food saat sedang berjalan-jalan sehingga Anda dapat mulai terbiasa untuk tidak membelinya.

5. Menulis Diary
Catatlah semua makanan yang dikonsumsi setiap harinya dalam buku diary. Kumpulan catatan tersebut dapat Anda periksa setiap minggunya untuk mengidentifikasi pola makan lalu mengontrolnya agar lebih sehat.

6. Camilan Sehat
Mengonsumsi snack di tengah jam makan memberikan rasa kenyang di perut. Namun, pilihlah makanan sehat dalam porsi kecil untuk dikonsumsi sebagai cemilan seperti kacang-kacangan atau buah-buahan.

7. Jangan Lewatkan Sarapan
Saat bangun tidur, tubuh kekurangan asupan makanan karena jam tidur yang cukup panjang. Untuk itu, mengkonsumsi sarapan sangatlah penting karena dapat membuat Anda merasa bertenaga hingga jam makan siang.

8. Meredakan Emosi
Keinginan makan seringkali berhubungan dengan emosi yang sedang dirasakan. Karbohidrat, lemak, dan gula menaikkan tingkat hormon serotonin yang memberikan efek tenang, sehingga banyak orang yang sedang merasa cemas melakukan pelarian kepada makanan. Mulai sekarang, jika Anda sedang merasa stres dan keinginan makan meningkat maka tenangkanlah diri terlebih dahulu baru putuskan apakah benar-benar harus memakan sesuatu.

sumber : http://wolipop.detik.com/read/2012/11/08/100628/2085689/849/8-cara-kurangi-kebiasaan-makan-junk-food

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s