Cara Mengatur Waktu Antara Keluarga & Kerja Saat Mulai Wirausaha

wirausaha, mungkin Anda tidak harus direpotkan dengan rutinitas di pagi hari dan menghadapi kemacetan saat pergi ke kantor. Namun konsekuensinya, Anda harus bekerja selama tujuh hari dalam seminggu, atau bahkan bekerja dua kali lipat saat hari libur.

Bukan hanya itu, Anda juga dituntut harus mampu membagi waktu antara bekerja di kantor dan waktu bermain bersama keluarga. Bagaimana mengaturnya?

Seperti yang dikutip She Knows, penulis Stephane Taylor Chirtensen memberi tahu tips bagaimana caranya menjaga keseimbangan antara pekerjaan dengan keluarga saat harus bekerja di hari libur.

1. Membuat Jadwal Kerja
Tugas paling sulit menjadi wirausaha adalah membagi waktu bersama keluarga dan pekerjaan. Buatlah jadwal kapan Anda harus bekerja dan bermain bersama keluarga. Pastikan keluarga Anda mengetahui kapan Anda mulai berada di ‘kantor’ dan melakukan beberapa pekerjaan dalam beberapa waktu tertentu.

Mintalah pasangan Anda mengatur rumah dan menjaga anak-anak saat Anda bekerja, dan carilah sebuah tempat yang nyaman agar pekerjaan Anda berjalan dengan baik. Jika Anda tidak dapat berkonsentrasi melakukan beberapa tersebut hal di rumah, pergilah ke perpustakaan atau coffee shop.

2. Berhenti Menjadi Super Mom
Menjadi seorang istri dan ibu adalah hal yang tidak mudah. Ada banyak kewajiban yang harus dipenuhi, seperti belanja harian, memasak, mencuci, mengurus anak, sampai bersih-bersih rumah. Tapi, ingatlah bahwa Anda adalah juga seorang wirausaha yang memiliki tanggung jawab atas pekerjaan.

Agar Anda tidak kelimpungan, cobalah membagi tugas rumah dengan anggota keluarga lainnya. Buatlah daftar sederhana kapan harus belanja, mencuci pakaian, dan merapihkan rumah. Buatlah sebuah sistem yang terorganisir.

Dengan begitu, Anda tidak akan dipusingkan dengan tanggung jawab pekerjaan ‘kantor’ dan rumah. Selain itu, membagi tugas rumah juga dapat membuat anggota kelurga lainnya saling membantu dan merasa bertanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan.

3. Jadwal Bersama Keluarga
Menghabiskan waktu dalam seminggu untuk bekerja adalah pekerjaan yang menguras energi dan waktu, meski Anda cukup nyaman dan menyukai pekerjaan tersebut, tapi berusahalah untuk memiliki waktu yang berkualitas bersama keluarga. Dalam satu waktu, ada kalanya Anda mengenyampingkan pekerjaan dan fokus untuk keluarga. Pergi berlibur dan bermain bersama anak-anak di akhir pekan, misalnya.

Sumber : http://wolipop.detik.com/read/2012/11/08/181942/2086414/1133/cara-mengatur-waktu-antara-keluarga-kerja-saat-mulai-wirausaha

4 thoughts on “Cara Mengatur Waktu Antara Keluarga & Kerja Saat Mulai Wirausaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s