Serba-serbi Tentang Sunblock untuk Cegah Kulit Gosong

img

Dok. Thinkstock

Jakarta – Masih banyak wanita yang minim kesadaran dalam menggunakan sunblock. Padahal produk perawatan kulit yang sering juga disebut sunscreen itu dapat memberikan perlindungan efektif untuk kulit dari jahatnya sinar UV A dan UV B.

UV A dan UV B memberikan berbagai efek buruk pada kulit di antaranya kulit bisa gosong karena sunburn, keriput bahkan kanker kulit. Untuk itu, perlindungan kulit dengan memakai sunblock sangat penting. Dokter Rachdian Ramadhan memberikan pemahaman tengang produk sunscreen yang tepat, saat ditemui dalam acara Beauty-Morphosis Marina, di Tempo Scan Tower, Jakarta, Kamis (7/3/2013).

1. SPF 15 Sudah Optimal
Banyak yang mengira semakin tinggi SPF semakin baik, tapi cara kerja SPF tidak seperti itu. Banyak yang mengukur nilai SPF dapat bekerja dalam waktu dua kali lipat. Misal SPF 10 akan melindungi kulit selama 20 menit. Sehingga banyak wanita yang memilih untuk menggunakan SPF yang tinggi untuk memberikan proteksi yang efektif. Tapi ternyata teori tersebut salah.

“Hasil riset terbaru menyatakan, bahwa ternyata meskipun SPF 15, meskipun dua kali angkanya (SPF 30), ternyata proteksinya tidak dua kali lipat. Iluatrasinya, SPF 15 dapat memfilter sinar UV B sebesar 94 persen, sedangkan SPF 30 sebesar 97 persen, bukan dua kali lipatnya,” ujar dr. Rachadian.

Itu berarti, sunscreen dengan SPF 15 pun cukup untuk melindungi kulit. SPF tersebut cukup optimal untuk melindungi kulit dari aktivitas sehari-hari seperti ketika berada di sekolah, kuliah atau bekerja.

2. Aturan Aplikasi Sunblock
Masih banyak wanita yang salah dalam mengaplikasikan sunblok. Ikuti tea spoon rules ini:
“Setengah tea spoon (sendok teh) untuk tangan kiri, setengah lagi untuk tangan kanan. Satu sendok teh untuk kaki kiri, satu sendok teh untuk kaki kanan,” jelas dokter dari Gentur Cleft Foundation itu.

3. Gunakan 15 Menit Sebelum Terpapar Sinar Matahari
15 samapai 30 menit sebelum terpapar sinar matahari sebaiknya kulit sudah terlindung dari sinar matahari. Cara tersebut agar sunblock mengikat di kulit sehingga dapat menangkal matahari secara efektif.

4. Ulangi Lagi Setelah 15 Menit Terpapar Matahari
Pemakaian sunscreen harus secara berulang. Kembali aplikasikan setelah 15 sampai 30 menit kulit terpapar sinar matahari, untuk perlindungan semakin optimal. Tidak sampai disitu, sunscreen kembali digunakan bila aktivitas Anda banyak dilakukan di luar ruangan.

“Bila melakukan aktifitas intens di outdoor, Anda berkeringat atau berenang, Anda harus mengaplikasikan sunscreen dua jam sekali,” tambah dokter lulusan Universitas Indonesia itu.

Sumber : http://wolipop.detik.com/read/2013/03/07/173002/2188823/234/serba-serbi-tentang-sunblock-untuk-cegah-kulit-gosong

Untitled-1 k

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s