Tips Agar Saat Bertengkar Pasangan Tak Saling Ucapkan Kata Sinis

img

Dok. Thinkstock

Jakarta – Ketika masih pacaran dan jadi pengantin baru, Anda dan pasangan memiliki kehidupan percintaan yang penuh dengan kebahagiaan. Namun saat usia pernikahan berjalan beberapa tahun atau mungkin bulan, keindahan itu perlahan memudar.

Anda dan pasangan mulai saling melemparkan kritikan atau kalimat yang bernada tidak mengenakkan. Misalnya, Anda mulai menggerutu soal kebiasaan buruknya. Kata-kata sinis pun terlontar dari bibir yang bisa membuat pasangan sakit hati. Padahal dulu kebiasaan tersebut bisa Anda terima dengan baik.

Saat masih pacaran dan pengantin baru, komitmen untuk saling menerima kebiasaan baik dan buruk rasanya siap dijalankan. Namun kini komitmen tersebut hilang entah ke mana. Jika hal tersebut dibiarkan tentu Anda dan pasangan bisa memiliki kehidupan pernikahan yang tidak sehat. Suami atau istri mana yang mau terus-menerus digerutui atau dikritik oleh pasangannya.

Bagaimana caranya agar Anda dan pasangan tidak saling menggerutu dengan kata-kata sinis, pakar pernikahan asal California, David Wygant, memberikan beberapa tipsnya pada Your Tango. Berikut saran dari David:

1. Dengarkan
Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah dengan bicara. Berikan kesempatan pada pasangan untuk membicarakan isi hatinya, tanpa Anda sela, kritik atau perkataan apapun. Jadilah pendengar yang baik, seperti dulu Anda suka melakukannya ketika kalian masih dimabuk cinta. Jangan langsung berikan penilaian apapun.

2. Bersihkan Hati
Coba hilangkan berbagai memori atau pikiran tidak menyenangkan tentang pasangan. Mulailah untuk mengingat hal-hal yang Anda sukai darinya dari sejak dulu pacaran hingga kini menikah. Langkah ini penting karena hal tersebut lah yang membuat Anda dan dia kini menjadi pasangan suami-istri. Bahwa kualitas dari pasanganlah yang membuat Anda mau menjalani komitmen lebih serius bersamanya.

3. Tanya Pada Diri Sendiri: Apakah Aku Mencintai Orang yang Ada di Hadapanku Sekarang?
Setelah pikiran Anda lebih jernih dan mendengarkan segala perkataannya, mulailah bertanya pada diri sendiri, masihkah cinta Anda pada pasangan sama seperti dulu? Apakah Anda menghargainya? Apakah Anda memang ingin melakukan banyak hal bersamanya? Berhentilah saling mengkritik satu sama lain terus-menerus ketika Anda sudah terlibat dalam suatu pernikahan. Mulailah mencoba untuk menerima kekurangan masing-masing dan cari solusi bagaimana untuk bisa hidup dengan kekurangannya itu.

Sumber : http://wolipop.detik.com/read/2013/03/05/190350/2186662/854/tips-agar-saat-bertengkar-pasangan-tak-saling-ucapkan-kata-sinis

Untitled-1 k

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s