Gambaran Sebagai Mahasiswa

So, here we go.

Pertama, mau minta maaf (lagi) karena baru muncul lagi setelah Oktober 2013. Hampir setahun BW dan KP nggak hadir di DK.

Postingan terakhir dari DK adalah sekilas tentang hidup mahasiswa.

Kali ini saya mau membahas lebih lanjut berhubung momennya juga sangat tepat. Buat adik-adik yang baru lulus SMA/SMK sederajat, pay attention to this :

Jangan memandang kehidupan mahasiswa terlalu tinggi. Kehidupan sebagai mahasiswa itu nggak seperti yang kalian lihat di tivi. Nggak seperti di film-film atau sinetron-sinetron yang penuh dusta itu. Memang ada beberapa kebenaran alias keasyikan sebagai mahasiswa.

1. Nggak perlu pakai seragam.
Buat anak sekolahan pasti jenuh banget sama yang namanya seragam. Salah pakai seragam dapat hukuman dari guru. Nah, di perkuliahan memang tidak ada seragam. Bebas mau pakai baju apa saja selama masih dalam konteks rapi dan sopan, celana ya pakai celana panjang lah/ rok juga boleh (tapi jangan sampe 40cm di atas lutut juga), dan sepatu (jangan gila mengharapkan dosen ngijinin pakai sendal di kampus apalagi kelas, pas ujian apalagi, terancam ga bisa ikut ujian yang ada).

2. Kendaraan
Mungkin beberapa sekolah masih menerapkan aturan bahwa siswa tidak boleh membawa kendaraan. Di kampus? Mau bawa helikopter atau pesawat jet pun silahkan (asal ada tempat parkirnya).

3. Main gadget di kelas.
Masih ingat sekali kalau main hp di kelas pasti kena sita -_- . Beberapa dosen juga menerapkan aturan yang sama. Tapi pengalaman saya pribadi, tidak ada masalah dengan itu selama tidak mengganggu berlangsungnya kelas dan kalian bisa memperhatikan keduanya sekaligus. Bahasa kerennya multitasking. Tapi menurut saya, ya, kesadaran pribadi aja, sih. Lebih baik tidak main gadget memang saat kelas sedang berlangsung. Karena menurut saya itu menunjukkan bahwa Anda menghormati dan menghargai dosen Anda yang sedang membagikan ilmunya. Juga membantu untuk lebih berkonsentrasi penuh kepada dosen. Kalau sambil main gadget pasti konsentrasi nya terpecah-pecah dan ga full ilmu yang didapatkan (alasan karena ga bisa multitasking).

4. Pergaulan yang luas
Mahasiswa di kampus itu BANYAK. Jangan cuma berteman dengan yang satu jurusan aja sama kalian, atau lebih parah, cuma teman sekelas. Bergaulah. Cari teman sebanyak-banyaknya. Dari angkatan berapapun dan jurusan mana pun. Ciptakanlan simbiosis mutualisme di antara sesama mahasiswa, sekampus pula kan. Karena setelah lulus kuliah kita semua akan menghadapi dunia kerja atau apapun itu, tujuannya ya tetap sama, cari uang. Nah, koneksi yang kita punya entah itu teman TK, SD, SMP, SMA, atau kuliah akan sangat berguna. Perluas koneksi mu dengan orang-orang di luar sana. Nggak ada ruginya kok. Kecuali itu membawa pengaruh buruk, jaga jarak.

5. Dosen easy going.
Nggak kayak guru sekolah yang kaku. Dosen itu lebih mengasyikkan. Memang tidak semua dosen easy going, tapi kebanyakan begitu. Jangan ragu menciptakan kedekatan antara mahasiswa dan dosen (tapi bukan dei nilai ya).

Itu sisi menyenangkan dari kehidupan mahasiswa. Gimana yang kurang menyenangkannya?

1. Hidup ‘berantakan’
Masa awal-awal jadi mahasiswa ya begitu, hidupnya pasti berantakan alias ga teratur. Apalagi anak kos yang jauh dari orang tua. Ga usah ditanya soal begadang dan keluyuran sama temen-temen kampus. Pasti. Jam kuliah itu nggak pasti. Apalagi yang ngambil kelas pagi. Bisa aja kelas pertama jam 9, kelas selanjutnya jam 12. Kalau yang ngambil kelas kuliah malam kemungkinan besar hidupnya kebalik, udah kayak vampir, kalau malam beraktivitas, kalau pagi-sore tidur.

2. Tugas
Oh yeah, jangan kira kalian bisa lepas dari rutinitas yang satu ini. TUGAS. Dalam 1 minggu perkuliahan itu kalian bisa dapat lebih dari 2 atau 3 tugas yang deadline nya mepet semua. Stres ga, tuh. Belum lagi kalau ketemu dosen yang setiap pertemuan ngasih tugas. Makalah lah, karya tulis, meringkas, presentasi.

3. Capek
Jadi mahasiswa itu capek! Beneran. Dengan tugas menumpuk, jadwal kuliah yang padat. Belum lagi yang bekerja sambil kuliah. Duh. Dari pagi sampai sore kerja, malamnya lanjut kuliah. Rumah atau kos itu serasa tempat numpang tidur aja deh.

4. Aktif
Nggak kayak zaman SMA yang kalau nggak aktif nggak apa-apa. Di perkuliahan kita dituntut aktif, baik di kelas maupun di kampus. Ikut bergabung dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi sesuai dengan jurusannya masing-masing, ataupun bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa (sejenis kegiatan ekstrakurikuler).

Nah.. sudah ada sedikit gambaran, kan? Jangan patah arang, tetap semangat. Welcome to the club😉

 

logo BW

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s