Catatan Gie Buatku

A rare collection of early printed books at Merton College Library.

Orang-orang boleh saja tahu buku apa yang kubaca. Tapi bukankah mereka tidak (akan pernah) tahu kalimat-kalimat mana yang menarik perhatianku, kata-kata apa yang kurenungkan, yang mana yang kuamini, atau bahkan yang menjadi pedomanku (jika tak kutinggalkan tanda di buku itu)?

Aku membaca, tapi tak pernah membuat tanda di bagian mana aku berhenti, di bagian mana aku garis bawahi. Catatan seorang demonstran menjadi buku pertama yang kutandai. Mungkin kau akan menemukan beberapa bagian dariku di sana, yang kau rasa itu (mungkin) sepertiku, mungkin kau akan mulai memahamiku sedikit. Mungkin juga tidak, hanya sekedar coretanku sebagai tanda aku pernah terpikat pada kalimat atau kata tersebut.

Aku tak pandai soal sejarah. Mungkin tak akan pernah. Aku mulai tertarik dengan Soe Hok Gie. Aku mulai mengagumi pribadinya. Dan aku berharap bisa mengikuti pemikirannya, meneladani yang baik darinya. Syukur-syukur bisa sepertinya.

20 September 2015 02.05

logo BW

 

 

 

 

 

 

By the way, Happy 20th Birthday Maria Estefan Kikis Praharasti

237903287_birthday20cake_answer_4_xlarge

Leave a Reply

